Tempat Wisata di Wonosobo

Tempat Wisata di Wonosobo

1 Ulasan

Kabupaten Wonosobo merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki wilayah yang didominasi perbukitan. Hal itu karena wilayah ini dikelilingi beberapa Gunung Besar, yaitu Gunung Sindoro, Sumbing dan Dataran Tinggi Dieng.

Wilayah Kabupaten Wonosobo berbatasan langsung dengan Kabupaten Temanggung dan Magelang di Timur, Kabupaten Purworejo di Selatan, Kabupaten Kebumen dan Banjarnegara di barat dan juga Kabupaten Batang dan Kendal di utara.

Bicara mengenai wisata di Kabupaten Wonosobo, maka tidak akan dapat dilepaskan dari Kawasan Wisata Dieng Plateau atau dataran Tinggi Dieng.

Tempat wisata Dieng Wonosobo Jawa Tengah sendiri sebenarnya terbagi menjadi dua Kabupaten yaitu Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo.

Pada kesempatan kali ini wisatabagus.com akan mengulas mengenai tempat wisata di Wonosobo yang keren banget. Silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Berikut Tempat Wisata di Wonosobo yang Wajib Dikunjungi

1. Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng

Wisata dataran tinggi Dieng adalah salah satu wisata yang paling populer di Wonosobo.

Walaupun sebenarnya kawasan Dieng berada di antara wilayah Wonosobo dan Banjarnegara, namun bagi banyak masyarakat Indonesia yang menganggap kalau Dieng berada di Wonosobo.

Ada banyak sekali tempat wisata alam yang indah dan menarik untuk dikunjungi di kawasan ini.

Wisata di kawasan dataran tinggi Dieng ini diantaranya:

  • Pemandian air panas
  • Wisata air terjun
  • Candi
  • Kawah
  • Telaga
  • Pegunungan yang menyuguhkan panorama alam nan menyegarkan mata

Nah agar perjalanan wisata Anda lebih nyaman dan tidak perlu repot-repot mencari alamat masing-masing lokasi wisata di Dieng, Anda dapat melalui agen tour dan travel.

Untuk mengunjungi wisata di Dieng, Anda dapat melalui agen yang menyediakan paket wisata Dieng yang akan membuat perjalanan wisata Anda lebih nyaman.

Di kota Wonosobo banyak agen tour Dieng yang siap menjadi guide dan mengantarkan perjalanan wisata Anda di Dieng.

Namun pastikan Anda memilih agen tour dan travel yang terpercaya sehingga perjalanan wisata Anda tidak akan ada hambatan. Nah, salah satu agen tour yang terpercaya dan hemat adalah Diengtrip.co.id.

2. Kebun Teh Tambi

Kebun Teh Tambi Tempat Wisata Di Wonosobo

Mengingat kondisi geografisnya yang banyak ada perbukitan, maka wilayah Di Wonosobo sangat cocok untuk ditanam teh. Di salah satu tempat wisata kebun teh yang ada di Wonosobo ialah Kebun Teh Tambi.

Kebun Teh ini berlokasi di Desa Tambi Kecamatan Kejajar Wonosobo. Lokasi wisata Wonosobo kebun teh ini berada di jalur Wonosobo-Dieng, sehingga bagi kamu  yang berniat berkunjung ke Dieng, dapat menyempatkan berkunjung ke Kebun Teh Tambi ini terlebih dahulu.

Pemandangan yang disuguhkan di Kebun Teh Tambi ini ialah  berupa perkebunan teh yang hijau dan sejuk serta pemandangan pegunungan yang indah di sekitarnya.

Luas Kebun Teh Tambi sendiri sekitar 800 ha. Di tempat wisata kebun Teh ini pengunjung dapat melaksanakan aktivitas Tea Walking di area perkebunan.

3. Telaga Menjer

Telaga Menjer Tempat Wisata Di Wonosobo

Tempat Wisata Telaga Menjer adalah sebuah telaga yang terdapat di Desa Menjer, Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo yang adalah salah satu dari tempat wisata alam Wonosobo.

Tempat wisata adalah tempat wisata Telaga Menjer berjarak sekitar 12 km dari Kota Wonosobo ke arah Dataran Tinggi Dieng. Tempat wisata Telaga Menjer adalah salah satu telaga yang terbentuk dari proses vulkanisasi dan terdapat pada ketinggian 1300 mdpl di lereng Gunung Pakuwaja.

Luas tempat wisata Telaga Menjer sendiri ialah 70 hektar dan kedalaman mencapai 45 meter. Di sekitar tempat wisata telaga Menjer ada perbukitan dengan beberapa tumbuhan pinus yang tampak hijau sehingga menambah keindahan di Telaga Menjer Wonosobo ini.

4. Waduk Wadaslintang

Waduk Wadaslintang Tempat Wisata Di Wonosobo

Tempat Wisata Waduk Wadaslintang ini dibangun pada masa pemerintahan Orde Baru. Salah satunya berfungsi  sebagai sarana untuk irigasi di Kabupaten Wonosobo, Kebumen dan sekitarnya.

Tak hanya dimanfaatkan sebagai sarana irigasi, Waduk Wadaslintang juga dimanfaatkan sebagai PLTA. Pada hari libur banyak para wisatawan domestik yang berkunjung ke Waduk Wadaslintang ini, sebab pemandangannya memang sangat bagus.

Selain untuk menikmati pemandangan ada juga yang memanfaatkan waduk sebagai tempat memancing. Lokasi tempat wisata Waduk Wadaslintang sendiri berada di perbatasan Kebumen dan Wonosobo, tepanya di Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo.

5. Air Terjun Sikarim

Air Terjun Sikarim Lokasi Wisata Di Wonosobo

Tempat wisata Air Terjun Sikarim dapat dikatakan sebagai tempat wisata yang masih tersembunyi di Kabupaten Wonosobo. Untuk bisa mencapai lokasi tempat wisata Air Terjun Sikarim ini pengunjung harus melewati semak belukar terlebih dahulu.

Tetapi sesampainya di lokasi kamu  akan disuguhi dengan pemandangan yang indah berupa air terjun dengan latar belakang bukit Sikunir. Tempat wisata Air Terjun ini memiliki ketinggian 4 meter.

Bila kamu berminat kamu  dapat mengunjungi salah satu tempat wisata di Wonosobo yang keren ini di Desa Mlandi, Kecamatan Garung, Wonosobo, Jawa Tengah.

6. Curug Winong

Curug Winong Tempat Wisata Di Wonosobo

Satu lagi keindahan alam di Kabupaten Wonosobo yang masih perawan dan belum banyak terjamah manusia, yaitu tempat wisata Curug Winong. Memang nama curug ini masih kalah tenar dibandingkan tepat wisata di Dieng.

Akan tetapi  sebenarnya tempat wisata Curug Winong ini memiliki panorama yang tak kalah menarik. Tempat wisata Curug Winong merupakan sebuah curug di Kabupaten Wonosobo yang memiliki air yang jernih.

Air-nya mengalir dalam turunan yang curam berupa bebatuan berwarna hitam. Pemandangan di Curug ini sangat indah sehingga banyak pengunjung yang ingin berfoto ria di Curug ini.

Lokasi tempat wisata Curug Winong sendiri terdapat di Desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah.

7. Pemandian Air Panas Kalianget

Pemandian Kalianget Tempat Wisata Di Wonosobo

Tempat Wisata Pemandian Air Panas Kalianget berada di Jalan Raya Wonosobo – Dieng tepatnya di Km 3, Desa Kalianget, Kabupaten Wonosobo.

Tempat wisata Pemandian Air wisata kalianget wonosobo ini cukup mudah dikenali karena berada di jalur menuju wisata Dieng Plateau.

Kita tahu bahwa di wilayah tempat wisata  Dieng Plateau ini banyak sekali fenomena yang berasal dari aktivitas vulkanisasi. Tempat Wisata Pemandian Air Panas Kalianget merupakan salah satu aktivitas vulkanisasi ini juga ditemui tidak jauh dari Dieng Plateau.

Di Pemandian Air Panas Kalianget yang terdapat sumber mata air panas alami. Tempat Wisata air panas Wonosobo berupa Pemandian Air Panas Kalianget ini mengandung belerang yang dipercaya dapat menyembahkan berbagai macam penyakit kulit.

Apabila kamu  berminat untuk datang ke lokasi wisata ini, kamu  tidak perlu khawatir karena tempat ini sudah dikembangkan dengan baik, bahkan tempat parkir-nya juga sudah sangat luas.

8. Kolam Renang Mangli

Kolam Renang Mangli Tempat Wisata Di Wonosobo

Berenang dengan menggunakan sumber mata air yang alami akan memberikan kesan yang segar dan nyaman. Berbeda dengan apabila berenang dalam kolam renang yang menggunakan air olahan, pastinya akan terganggu dengan bau bau kaporit yang tidak enak.

Berenang dengan mata air alami ini salah satunya dapat kamu  temui di Kolam Renang Mangli Kabupaten Wonosobo. Bagi warga Wonosobo pastinya Kolam Renang Mangli ini sudah tidak asing lagi, karena lokasinya yang masih dalam wilayah Kota Wonosobo.

Kolam ini pada hari Minggu dan libur banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang kebanyakan masih dari Wonosobo sendiri. Tempat wisata Kolam Renang Mangli sangat cocok untuk menghabiskan liburan bersama keluarga tercinta kamu .

9. Lobang Sewu

Lobang Sewu Tempat Wisata Di Wonosobo

Tempat Wisata Wonosobo Lobang Sewu ini sekarang ini sedang menjadi trend di masyarakat. Tempat wisata Lobang sewu ini memiliki pemandangan seperti Grand Canyon di Colorado, Amerika Serikat.

Tetapi perbedaannya kalau di Wonosobo ini tebingnya asalnya dari batu kapur. Batuan kapur ini ada  di wilayah tempat wisata Waduk Wadaslintang.

Gugusan tebing kapur ini membentuk lubang-lubang yang banyak sehingga masyarakat sekitar menamainya dengan Lobang Sewu. Sebab  keindahannya akhirnya banyak pengunjung yang datang untuk melihat dan berfoto di wilayah Lobang Sewu Wonosobo ini.

Untuk lokasinya sendiri ada tempat wisata di Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo yang merupakan salah satu wisata Wonosobo terbaru.

10. Kolam Renang Tirta Ria Tembelang

Kolam Renang Tirta Ria Tembelang Tempat Wisata Di Wonosobo

Ketika liburan tiba jangan lupa untuk engajak putra-putri kamu  untuk berenang di Kolam Renang Tirta Ria Tembelang Wonosobo. Tempat wisata Kolam Renang Tirta Ria Tembelang ini letaknya tidak jauh dari Kota Wonosobo.

Tempat wisata ini menawarkan kolam renang yang sudah dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan air. Hal ini tentunya akan sangat menyenangkan bagi putra-putri kita.

Untuk lokasi dari Kolam renang Tirta Ria Tembelang ini ialah  di Jalan Kertek Wonosobo, Desa Tembelang Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo Jateng.

Baca juga : Kawah Sikidang Banjarnegara

Nah, demikian tadi beberapa tempat wisata di kabupaten WonosoboΒ yang bisa dikunjungi.

Setelah berkeliling Kabupaten Wonosobo jangan lupa untuk merasakan kuliner khas Wonosobo yaitu Mi Ongklok dan Sate Sapi. Mi ongklok memiliki rasa yang enak apalagi disantap selagi masih hangat.

1 Ulasan untuk Tempat Wisata di Wonosobo, Jawa Tengah

  1. Wisata di kebun teh Tampi sangat menyenangkan. Suasana yang dingin dan sejuk apalagi saat kabut datang serasa berada di atas awan. Sangat senang bisa mengunjungi tempat wisata ini.

Tinggalkan Balasan