Varian Nasi Goreng Indonesia

Varian Nasi Goreng Indonesia

1 Ulasan

Simak ulasan tentang √ makanan nasi goreng dan √ jenis atau varian nasi goreng di Indonesia yang terkenal sampai mancanegara berikut.


Nasi Goreng

Indonesia kaya akan kulinernya, salah satu yang menjadi ciri khas dan asli Indonesia adalah “Nasi Goreng”.

Varian-Nasi-Goreng-Indonesia

Dulunya nasi goreng adalah makanan yang dibuat dari nasi sisa hari kemarin yang sayang kalau dibuang maka digoreng kembali agar bisa dikonsumsi kembali.

Tapi lama kelamaan nasi goreng menjadi kuliner yang asli Indonesia ini bisa disajikan tanpa menunggu nasi sisa hari kemarin. Hampir disetiap pelosok daerah-daerah di Indonesia sangat mudah menemukan pedagang penjual nasi goreng.

Nasi Goreng adalah salah satu makanan khas Indonesia yang mendunia. Nasi goreng dengan rasanya yang lezat diterima hampir disemua kalangan.

Nasi goreng pernah mendapatkan penghargaan dalam ajang Internasional “World Expo Shanghai China 2010″ di Shanghai.

Cara membuat nasi goreng yang cukup mudah membuat semua orang bisa menyajikannya namun cita rasanya berbeda-beda.

Meskipun tampak mudah, nasi yang digoreng didalam minyak lalu ditambah kecap manis atau saos tomat, asam jawa, dan bawang goreng ini memiliki varian yang banyak tergantung dari lauk yang ditambahkan.

Karena kemudahannya tersebut, kita dapat menemui penjual Nasi Goreng di seluruh pelosok Indonesia bahkan di negara-negara asia seperti Singapore, Thailand, dan Malaysia.

Dan baru-baru ini salah satu mantan pemain Manchester United, Rio Ferdinand berbagi ceritanya di Twitter terkait pengalamannya mencicipi masakan khas Indonesia di Singapore.

Karena cuwitannya tersebut, twitter Rio Ferdinand ramai diperbincangkan netizen Indonesia karena captionnya yang menyebut Nasi Goreng adalah masakan lokal Singapore.

Singapore sendiri memiliki varian yang berbeda dengan yang ada di Indonesia.

Tahukah Anda apa saja varian nasi Goreng di Indonesia?

Yuk kita simak ulasan tentang varian nasi goreng di Indonesia pada ulasan berikut ini.

Varian atau Jenis Nasi Goreng yang ada di Indonesia

1. Nasi Goreng Jawa

Nasi-Goreng-Jawa-Varian-Nasi-Goreng-Indonesia

Varian nasi goreng di Indonesia yang pertama adalah nasi goreng  Jawa. Nasi Goreng khas Jawa ini memiliki cita rasa yang pedas karena campuran bumbu sambel ulek.

Contoh Nasi Goreng Jawa adalah Nasi Goreng Surabaya yang warnanya merah kecoklatan dengan campuran lauk suwiran ayam potong dan irisan telur dadar.

Ada juga nasi Goreng Babat Semarang yang dicampuri lauk daging babat dengan warna agak kecoklatan.

Nasi Goreng Kampung Yogyakarta yang warnanya merah tua yang diberi lauk telur mata sapi dan ayam kampung dan terakhir Nasi Goreng Jawa Tengah yang warnanya merah muda dengan lauk sayuran kol dan suwiran ayam kampung.

2. Nasi Goreng Ikan Asin

Nasi-Goreng-Ikan-Asin-Varian-Nasi-Goreng-Indonesia

Nasi Goreng Ikan Asin adalah salah satu varian Nasi Goreng yang cukup terkenal di Indonesia karena cita rasa asinnya yang semakin membuat rasa nasi Goreng semakin nikmat.

Rasa asin tersebut berasal dari bahan lauk utamanya yang menggunakan ikan Asin.

3. Nasi Goreng Kambing

Nasi-Goreng-Kambing-Varian-Nasi-Goreng-Indonesia

Varian nasi goreng di Indonesia berikutnya adalah nasi goreng Kambing. Nasi goreng kambing maksudnya adalah nasi goreng yang di berikan potongan daging kambing yang dipototong sebesar dadu.

Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai asin, Anda juga bisa merasakan nikmatnya nasi Goreng Kambing yang berbahan utama daging kambing.

Potongan daging kambing yang dicampurkan dalam nasi Goreng menimbulkan aroma dan cita rasa yang khas. Biasanya menu ini dijual di sekitar perkampungan arab yang menyukai daging kambing.

4. Nasi Goreng Seafood

Nasi-Goreng-Seafood-Varian-Nasi-Goreng-Indonesia

Nasi Goreng ini biasanya dijual di sekitar pantai karena nasi Goreng ini dicampur dengan berbagai macam seafood seperti udang, cumi, kepiting dan lain sebagainya.

Varian nasi goreng seafood adalah jenis nasi goreng yang paling sering dijual oleh pedagang-pedagang nasi goreng.

Rasanya sangat enak dan bercita rasa ketika dicampur dengan berbagai daging ikan laut seperti daging sotong, daging udang dan beberapa daging ikan lainnya.

5. Nasi Goreng Sunda

Nasi-Goreng-Sunda-Varian-Nasi-Goreng-Indonesia

Seperti namanya, varian nasi goreng di Indonesia berikutnya adalah nasi goreng Sunda. Nasi Goreng ini dibuat oleh orang sunda.

Yang khas dari nasi Goreng ini adalah warnanya yang kekuning-kuningan dan pedas, hal ini dikarenakan tambahan bumbu kunyit dan kunir.

6. Nasi Goreng Mawut

Nasi-Goreng-Mawut-Varian-Nasi-Goreng-Indonesia

Varian nasi goreng di Indonesia yang tidak kalah terkenalnya adalah nasi goreng mawut.

Memiliki nama yang unik, nasi Goreng Mawut ini kaya akan lauk karena banyaknya campuran lauk seperti mie, kol, beberapa sayuran hijau, dan suwiran daging ayam yang digoreng bersama.

Serta adanya tambahan beberapa bumbu-bumbu dapur untuk memperkuat rasa dari nasi Goreng ini. Biasanya Nasi Goreng ini dijual di warung Nasi Goreng Jawa.

7. Nasi Goreng Jancuk

Nasi-Goreng-Jancuk-Varian-Nasi-Goreng-Indonesia

Varian nasi goreng di Indonesia yang paling unik adalah nasi Goreng Jancuk. Nasi Goreng ini berasal dari Kota Pahlawan Surabaya.

Nasi Goreng ini memiliki cita rasa yang super pedas dan porsi yang banyak, bahkan satu porsi bisa untuk 4-5 orang.

Saking pedasnya nasi Goreng ini membuat orang yang menyantapnya berkata kotor (Misuh) ala Suroboyoan yaitu β€˜Jancuk’.

Simak dan baca : Produk Asli Indonesia yang di Kira dari Luar Negeri

8. Nasi Goreng Spesial

Nasi-Goreng-Spesial-Varian-Nasi-Goreng-Indonesia

Varian nasi goreng di Indonesia yang terakhir dan sangat terkenal adalah nasi Goreng Spesial.

Dinamakan nasi Goreng Spesial karena nasi Goreng ini diperuntukkan orang-orang yang spesial seperti orang yang ingin tambahan campuran yang komplit.

Campuran tersebut berupa telur dadar, suwiran ayam, sosis, seafood dan lain-lain.

Baca juga : Nama Makanan Indonesia yang Unik

Demikina ulasan tentang beberapa jenis nasi goreng di Indonesia yang sudah sangat terkenal di kalangan para kuliner di Indoensia bahkan sampai mancanegara.

1 Ulasan untuk Varian Nasi Goreng Indonesia, Indonesia

  1. Nasi goreng memang enak ketika disantap pada waktu malam hari. Makanya dimana-mana di Indonesia ditemukan warung penjual nasi goreng. mau yang harga kaki lima maupun bintang lima, menu nasi goreng tetap menjadi idola. Bahkan nasi goreng yang asli Indonesia ini sangat banyak variasinya.

Tinggalkan Balasan